Pkpgsdunsc409's Blog

Januari 9, 2010

Microsoft Power Point

Materi Tanggal 22 Desember 2009

MICROSOFT POWER POINT

APLIKASI MS POWER POINT

Cara Mengaktifkan MS Power Point

Ada beberapa cara untuk mengaktifkan PowerPoint, di antaranya adalah melalui Start menu dan melalui shortcut di desktop menu. Setelah berhasil diaktifkan, kita akan menemui tampilan lembar kerja MS PowerPoint dengan berbagai bentuk menu yang melengkapinya.

Menu dan Ikon dalam MS PowerPoint

Selain pulldown menu (menu bar) serta toolbar, ada pula beberapa menu jendela (window atau pane) seperti task pane (mulai ada pada MS Office XP), slide pane, dan outline pane. Di sebelah kiri atas terdapat Control  menu untuk mengatur ukuran dan posisi tampilan lembar kerja. Control menu dapat digunakan untuk menutup program aplikasi (Close atau tekan Alt+F4).

Pulldown Menu

Pulldown menu MS PowerPoint terdiri atas menu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Slide Show, Window, dan Help.

1 File

  1. New           : membuka dokumen baru.
  2. Open         : membuka dokumen yang pernah dibuat.
  3. Close          : menutup dokumen yang sedang aktif.
  4. Save          : menyimpan dokumen.
  5. Save As     : menyimpan dokumen dengan nama/format lain.
  6. Save as Web Page        : menyimpan dokumen sebagai halaman web.
  7. File Search            : pencarian file.
  8. Package for CD : menyimpan presentasi dalam bentuk CD.
  9. Web Page Preview        : melihat tampilan presentasi dalam bentuk halaman web.
  10. Page Setup         : mengatur ukuran dan setting dokumen presentasi.
  11. Print Preview       : tampilan sebelum percetakan.
  12. Print            : mencetak.
  13. Exit : menutup aplikasi PowerPoint.

2 Edit

Pulldown menu Edit berisi menu-menu untuk mengedit/menyunting dokumen yang meliputi hapus slide, copy-paste objek, mencetak dan mem-publish dokumen, undo (membatalkan perintah), serta fasilitas pencarian teks tertentu.

3 View

  1. Normal      : tampilan editing biasa.
  2. Slide Sorter           : tampilan slide berurutan.
  3. Slide Show            : tampilan presentasi.
  4. Notes Page          : tampilan halaman catatan.
  5. Master       : tampilan master slide.
  6. Color/Grayscale : pengaturan mode warna.
  7. Task Pane : tampil/sembunyikan task pane.
  8. Toolbars    : tampil/sembunyikan toolbar.
  9. Ruler           : tampil/sembunyikan mistar.
  10. Grid and Guides            : tampil/sembunyikan garis bantu.
  11. Header and Footer       : pengaturan catatan atas/bawah.
  12. Zoom         : pengaturan ukuran tampilan slide dalam keadaan di edit.

4 Insert

  1. New Slide : menyisipkan slide baru.
  2. Duplicate Slide   : menggandakan slide.
  3. Slide Number       : menyisipkan nomor slide.
  4. Date and Time   : menyisipkan tanggal dan jam.
  5. Symbol      : menyisipkan symbol (dalam teks).
  6. Comment            : menyisipkan komentar.
  7. Slides from Files    : menyisipkan slide dari file presentasi lain.
  8. Slides from Outline         : menyisipkan slide dari file-file RTF.
  9. Picture       : menyisipkan gambar.
  10. Diagram   : menyisipkan diagram yang tersedia.
  11. Text Box    : menyisipkan teks.
  12. Movies and Sounds       : menyisipkan file audio ataupun video.
  13. Chart         : menyisipkan bentuk dan format grafik.
  14. Table         : menyisipkan table.
  15. Object      : menyisipkan objek lain.
  16. Hyperlink   : menyisipkan hyperlink/pautan.

5 Format

  1. Font           : mengatur jenis, ukuran, warna, dan style huruf pada objek teks.
  2. Bullets and Numbering            : mengatur item dan penomoran.
  3. Alignment            : mengatur perataan teks.
  4. Line Spacing        : mengatur spasi teks.
  5. Change Case     : mengatur huruf capital/nonkapital.
  6. Replace Fonts     : mengganti font.
  7. Slide Design         : mengatur desain slide.
  8. Slide Layout         : mengatur layout slide.
  9. Background        : mengatur background.
  10. Object      : mengatur objek.

6 Tools

  1. Spelling      : memeriksa ejaan (asing).
  2. Language                        : memilih setting bahasa.
  3. Compare and Merge Presentation : menggabung presentasi.
  4. AutoCorrect Options               : mengatur koreksi otomatis.
  5. Customize                        : mengatur tampilan toolbar.
  6. Options     : mengatur opsi tampilan aplikasi.

7 Slide Show

  1. View Show           : mengaktifkan slide presentasi.
  2. Set Up Show        : mengatur sifat tampilan slide.
  3. Rehearse Timings           : mengatur waktu tampilan slide.
  4. Record Naration            : merekam narasi.
  5. Action Buttons   : menyisipkan tombol navigasi standar.
  6. Action Settings  : mengatur perintah pada tombol navigasi.
  7. Animation Schemes     : memilih pola animasi tertentu.
  8. Custom Animation       : mengatur animasi secara manual.
  9. Slide Transition    : mengatur transisi slide.
  10. Hide Slide  : menyembunyikan slide agar tidak tampil.
  11. Custom Shows    : mengatur urutan slide yang tampil.

8 Window

Pulldown menu Window digunakan untuk mengatur tampilan beberapa dokumen sekaligus, apakah ditampilkan secara bertingkat (Cascade), pada jendela tersendiri (New Window), atau bersebelahan (Arrange All).

9 Help

Pulldown menu Help digunakan untuk membantu mempelajari penggunaan MS PowerPoint secara praktis. Ketik kata kuncinya, maka akan muncul keterangannya. Menu Help berisi panduan lengkap tentang MS PowerPoint ini.

MEMBUAT PRESENTASI POWERPOINT

Mengatur Teks

Teks dalam MS PowerPoint berada dalam text box. Klik tulisan “Click to add title” dan gantilah tulisan tersebut. Gantilah pula tulisan “Click to add subtitle”. Untuk mengatur jenis huruf (font), ukuran, dan warna huruf, kita bisa memanfaatkan formatting toolbar. Pengaturan huruf dapat juga dilakukan dengan klik teks tersebut kemudian klik pulldown menu Format-Font. Pada kotak dialog Font, kita dapat mengatur jenis huruf, ukuran, style, dan warna huruf kemudian klik OK.

Menambahkan Slide Baru

Penambahan slide baru dapat dilakukan melalui pulldown menu Insert-New Slide atau tekan tombol Ctrl+M pada keyboard secara bersamaan hingga muncul slide kedua. Pada slide kedua tersebut akan terlihat text handler yang bisa kita ganti teksnya.

Menyisipkan Tabel

Tabel dapat disisipkan dengan klik pulldown menu Insert-Table. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Insert Table. Tentukan jumlah kolom dan jumlah baris table yang diinginkan kemudian klik OK, maka table tersebut akan menjadi bagian dari presentasi kita.

Menyisipkan Grafik (Chart)

Untuk menyisipkan grafik, klik pulldown menu Insert-Chart, hingga muncul grafik batang dengan sebuah spreadsheet (lembar kerja) seperti MS Excel. Jika kita ubah lembar kerja, otomatis grafik juga akan ikut berubah.

Menyisipkan Clip Art

Clip Art merupakan gambar-gambar yang telah disediakan oleh MS Office. Jika kita klik Insert-Picture-Clip Art, maka kita akan menjumpai tampilan clip art tertentu di area task pane yang bisa kita pilih dengan mengklik clip art tersebut. Jika pada task pane belum terlihat, kita bisa memasukkan gambar yang kita butuhkan. Tampilan clip art dapat diatur dengan mendobel klik clip art tersebut hingga muncul kotak dialog Format Picture dan kita dapat mengatur warna maupun ukuran clip art tersebut.

Menyisipkan From File

Gambar berupa file dari luar dapat disisipkan melalui menu Insert-Picture-From file. Selanjutnya tentukan letak gambar, klik gambar tersebut, kemudian klik klik tombol Insert, maka gambar tersebut akan muncul di slide presentasi kita. Ukuran dan posisi gambar dapat kita atur lagi.

Menyisipkan Suara

Efek audio dapat disisipkan melalui pulldown menu Insert-Movie and Sound-Sound from File. Tentukan lokasi (browse) dan nama file suara yang akan dimasukkan. Pilih Automatically jika kita ingin suara itu otomatis dimainkan pada saat slide muncul. Pilih opsi When clicked jika kita ingin suara dimainkan setelah ikonnya (berbentuk loudspeaker) diklik.

Menyisipkan Movie (Video)

Movie atau gambar dinamis dapat disisipkan melalui pulldown menu Insert-Movie and Sound-Movie from File. Tentukan lokasi (browse) dan nama file movie yang akan dimasukkan. Pilih Automatically jika kita ingin movie itu otomatis dimainkan pada saat slide muncul. Pilih opsi When clicked jika kita ingin movie dimainkan setelah ikonnya diklik. Movie menempel pada slide, untuk mengatur movie, klik kanan pada movie lalu pilih Edit Movie Object. Klik opsi yang sesuai kemudian klik OK.

Menyisipkan Diagram

Diagram dapat disisipkan melalui pulldown menu Insert-Diagram. Dalam digram gallery memuat beberapa bentuk diagram, yaitu organization chat, circle diagram, radial diagram, target diagram, venn diagram, dan pyramid diagram. Klik salah satu bentuk, missal organization chart kemudian klik OK. Kita dapat memodifikasi diagram itu dengan klik kanan pada diagram. Kita dapat menambahkan coworker, subordinate, atau assistant.

Slide Design, Slide Layout, dan Color Scheme

Untuk mengatur tampilan slide, baik dalam hal tata letak (layout), background, dan pola warna, kita dapat menggunakan pola yang telah tersedia dalam bentuk template. Untuk mengatur tata letak teks dan objek, dapat digunakan template slide layout. Untuk mengatur model desain dan pewarnaan dapat digunakan slide design dan color scheme.

Ketiga template di atas dapat diakses melalui task pane. Slide layout dan slide design dapat juga diakses melalui pulldown menu Format.

Kita bisa mengatur layout yang berbeda untuk tiap slide karena pola layout yang dipilih diterapkan pada slide yang aktif. Kita juga dapat mengatur beberapa slide sekaligus dengan menyeleksi (Ctrl+klik) ikon slide pada slide pane terlebih dahulu.

Pengaturan menggunakan slide design juga dapat kita lakukan baik melalui pulldown menu Format maupun menu pada task pane. Pola design ini meliputi design background dan pewarnaan (color scheme).

Pola desain yang dipilih dapat diterapkan pada slide yang sedang aktif saja (Apply to Selected Slide) atau pada semua slide (Apply to All Slides).

Slide Transition

1        Mengatur Efek Transisi Slide

  1. Klik slide (pada outline pane).
  2. Klik pulldown menu Slide Show-Slide Transition. Menu animasi akan muncul di area task pane.
  3. Klik menu animasi (missal Fade in all).

2            Mengatur Durasi Persentasi dengan Menu Slide Transition

  1. Klik slide (pada outline pane).
  2. Klik pulldown menu Slide Show-Slide Transition. Kotak menu Slide Transition terlihat di area task pane.
  3. Pada menu Advanced slide, klik kotak di sebelah opsi Automatically after, kemudian ketikkan durasi yang kita diinginkan. Jika opsi On mouse click juga terseleksi, saat kita klik, tampilan slide akan tetap berpindah ke tempilan berikutnya walaupun durasi yang ditentukan belum habis.

Custom Animation

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada tulisan ini. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Banana Smoothie Theme. Create a free website or blog at WordPress.com.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: